Memilih teman dengan benar


Dalam pergaulan sehari-hari seyogyanya seorang hamba Allah itu harus mengikuti petunjuk petunjuk ini. Janganlah seseorang itu bergaul dengan orang-orang yang tak pantas di jadikan teman atau saudara.

Rasullullah SAW bersabda

المرء على الدين خليله فلينظر احدكم من يخالل

Artinya :

Seseorang itu akan terpengaruh oleh agama temannya, maka hendaknya seseorang dari kalian melihat kepada siapa dia berteman.

Dengan adanya petunjuk nabi ini maka hendaklah seseorang itu melihat dari lima hal ini. Supaya ketika berteman dalam mencari ilmu, urusan agama atau urusan dunia insya Allah akan mendapat kemudahan dan kebahagiaan.

  1. Bertemanlah dengan orang yang cerdas dan berilmu .

Jikalau seseorang berteman kepada yang bodoh maka ujungnya putus asa dan permusuhan. Sebenarnya dia ingin memberi manfaat tapi karna kebodohannya malah memberi kemudharatan. Renungkanlah!

2. Berteman dengan orang yang berakhlaq baik jangan ber akhlaq buruk.

Janganlah hamba allah itu berteman dengan orang yang berpribadi buruk karna orang yang berpribadi buruk tidak bisa menguasai dirinya ketika dia marah atau ketika naik nafsu birahinya. Maka Renungkanlah!

3. Bertemanlah dengan orang yang shaleh jangan dengan orang fasiq.

Hamba allah yang mengharapkan ridhanya janganlah seseorang itu berteman dengan orang yang fasiq, karna orang-orang seperti ini dia tiada takut kepada allah dalam melakukan kesalahan,dan orang yang tiada takut kepada allah maka tidak bisa diremehkan bahaya kejahatan yang di timbulkannya dan tidak bisa di percaya kelakuannya. Firman allah Swt

ولا تطع من اغفلنا قلبه عن ذكرن واتبع هواه وكان امره فرط

Artinya:

Dan jangan kau ikuti orang-orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingat kami, serta menuruti keinginannya dan perilakunya sudah melewati batas. (Alkhf;: 28).

Jadi hindari bergaul dengan ahli maksiat dan orang-orang fasiq karna bergaul denga mereka dapat membuat seseorang itu melihat kefasiqan dan lama-lama pengen mencoba membuat kemaksiatan. Renugkanlah!

4. Bertemanlah dengan orang yang   zuhud jangan dengan orang-orang tamak dunia.

Jangan bersahabat ddngan orang yang tamak dengan dunia karana berteman dengan meteka adalah racun hati, yang sangat mematikan. Secara pasti pergaulanmu dengan orang yang tamak dunia akan menambah sifat tamakmu ,begitu pula sebaliknya pergaulanmu dengan orang-orang yang zuhud pasti akan menambahkan sifat zuhudmu. Karna sifat manusia itu suka meniru dan mengikuti. Renungkanlah!

5. Berteman kepada orang yang jujur.

Janganlah seorang hamba Allah itu berteman kepada seorang pembohong, karna seorang pembohong atau pendusta dia  seakan-akan mendekatkan yang jauh menjauhkan yang dekat(fatamorgana) namun itu hanya tipuan belaka.renungkanlah.

Semoga allah memberi hidayah kepada hamba-hambanya yang senantiasa menuntut ilmu supaya mengamalkannya. Amiin.

 

Tinggalkan komentar

Filed under arsip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s