Apakah cukup alqur’an saja tampa mengikuti kelakuan rasul (sunah/hadis)


sSudah banyak kejadian di sekeliling kita bahwa menganjurkan kembali kepada alqur’an tapi mereka tidak menganjurkan juga supaya mengikuti sunnah/hadis untuk menguatkan hukum allah.

Setiap Umat yang mengaku islam dan beriman pasti mengakui adanya Allah SWT dan Baginda Rasulullah SAW ( Nabi Muhammad) sebagai utusan Allah . Dan semua Ummat islam dan mukmin pasti syahadatnya tidak akan berubah yaitu :

أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمد رسول الله

“Aku bersaksi tiada Tuhan selain Alah dan Aku bersaksi Nabi Muhammad itu utusan Allah”

sebagai ummat islam wajib mengakui bahwai para Rasul dan para nabi itu banyak sekali cuma yang termaktup/tertulis di dalam alqur’an hanya 25 para nabi/rasul saja. Coba jikalau kita hanya berpodoman kepada alqur’an saja tampa merujuk kepada hadis nabi, apakah kita tahu siapa-siapa saja nabi dan rasul dalam alqur’an???….. itulah makanya para ulama sepakat bahwa setelah alqur’an pedoman hidup manusia adalah sunnah/hadis nabi. Coba tanya kepada orang yang tiada mau mengakui nabi dari mana dia tau itu bahwa kitab taurat, kitab injil itu juka kitab yang di turunkan kepada utusan Allah,dan juga coba tanyakan Allah itu ada dan Allah itu maha segalanya dan juga para nabi pembawa berita tsb????
apakah mereka tau begitu saja dan Allah beri wahyu kepada mereka atau Allah ilham kan kepada mereka?…
Maka sudah sepantasnyalah , jika seseorang itu mengakui Adanya Allah maka pasti dia itu mencintai Allah, dan apa yang di perintahnya. Maka dari itusudah sepantasnya sebagai ummat islam yang mengaku beriman kepada allah pasti dia juga mencintai Allah dan para utusannya. Allah SWT telah menegaskan dalam Aqur’an tentang seharusnya mengikuti utusannya yaitu nabi muhammad SAW. Ayat2 yang bertalian supaya mengikuti kepada nabi Muhammad SAW.

Sebagai mana firman Allah dalam surat ali imran ayat 31

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ
artinya
“Katakanlah: “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Disini jelas lah bahwa ayat ini menyuruh untuk ta’at kepada apa yang di perintahkan allah dan jangan sekali2 mengingkari apa yang diperintahnya. karna Allah sangat cinta kepada hambanya yang ta’at kepada perintahnya.

Selajutnya coba kita lihat ayat beriku ini.

Firman Allah dalam surat ali imran ayat 144

وَمَا مُحَمَّدٌ إِلا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ أَفَإِنْ مَاتَ أَوْ قُتِلَ انْقَلَبْتُمْ عَلَى أَعْقَابِكُمْ وَمَنْ يَنْقَلِبْ عَلَى عَقِبَيْهِ فَلَنْ يَضُرَّ اللَّهَ شَيْئًا وَسَيَجْزِي اللَّهُ الشَّاكِرِينَ

Artinya :
“Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barang siapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudarat kepada Allah sedikit pun; dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur”
Jadi ayat ini juga mengatakan bahwa jangan ada keraguan untuk mengikuti muhammad rasullullah baik ucapan tingkah laku, atau apa aja yang di lakukan rasul kecuali apa yang telah di larangnya. Bagaimana kita mengetahui seluruh perbuatan rasullullah???? sudah barang tentu dari para sahabat-sahabt dekatnya, trus kepada generasi penerusnya yang begitu banyak meriwayatkan khabar/berita tentang seluk beluk keadaan baginda rasul yang sekarang di sebut sunnah/hadis.
Jadi bagi orang2 yang tidak mau menerima hadis sama juga dia itu tidak mencintai para rasul, dan barang siapa yang tak mau mengikuti rasul maka pasti dia tidak mencintai rasul, bearti jika tak mencintai rasul sama saja tak ta’at kepada Allah SWT. karna rasul itu berwasiat ikutlah aku dan juga sahabtku…. sperti sabdanya “Sahabat-sahabatku ibarat bintang-bintang. Barangsiapa menelusuri salah satunya dia mendapat petunjuk jalan. (Ad-daarami)”
dan juga rasul dengan tegas menyatakan supaya ikut akan dirinya seperti sabdanya

“Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu Kitabullah (Al Qur’an) dan sunnah Rasulullah Saw. (HR. Muslim)”

Firman Allah dalam surat annur ayat 54 
قُلْ أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا عَلَيْهِ مَا حُمِّلَ وَعَلَيْكُمْ مَا حُمِّلْتُمْ وَإِنْ تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا وَمَا عَلَى الرَّسُولِ إِلا الْبَلاغُ الْمُبِينُ
Artinya :

Katakanlah: “Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada rasul; dan jika kamu berpaling maka sesungguhnya kewajiban rasul itu adalah apa yang dibebankan kepadanya, dan kewajiban kamu sekalian adalah semata-mata apa yang dibebankan kepadamu. Dan jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Dan tidak lain kewajiban rasul itu melainkan menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.”
sebelum saya tutp tulisan ini coba kita lihat lagi dalam surat al ahzab ayat 21

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

artinya
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”
disini jelas Allah SWT menyuruh kepada seluruh umat untuk mengikuti para rasulnya.dan jangan pernah ragu untuk melaksanakan apa yang rasul perintahkan, makanya untuk mengetahui segala keadaan sifat rasulullah (nabi muhammad) maka kita perlu adanya sunnah/hadis yang datang dari sahabt trus mengalis dari genarasi kegenerasi sampai kepada kita yang sekarang telah banyak di bukukan.

Semoga Allah memberi hidayah kepada kita semua dan membukakan pintu hati kepada kita semua untuk sementara sekian dulu saekelumit catetan yang saya tulis insya allah jikalau ada kekurangan supaya di tambah dan di peringati, dan di lain waktu insya allah akan di perbaharui …. dan semoga Allah membalas apa yang baik dan apa yang buruk, hanyak kepada Allah saya berharaf keredhaannya dantaufiqnya.amiiin.

Tinggalkan komentar

Filed under arsip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s