ADAB TIDUR


Setelah seharian kita beraktifitas, maka pasti badan kitaakan terasa lelah dan akan membutuhkan untuk istirahat,istirahat yang paling baik ialah tidur. Tidur nyenyak dapat mengembalikan vitalitas seseorang menjadi lebih baik dan segar bugar .dengan tidur maka urat, otat dan semua organ tubuh akan istirahat,dan setelah bangun semua organ tubuh akan normal kembali menjadi segar bugar.

Tidur sudah menjadi kebutuhan umat manusia, tidak ada di dunia ini yang tidak menginginkan tidur.
dalam syariat tidur itu ada anjurannya dan ada peraturan-peraturannya.supaya tidur menjadi kenikmatan dan di ridhai Allah SWT.

Umat Islam sangat dianjurkan supaya selalu berdo’a dan berzikir demi mendapatkan rahmat dan keberkatan hidup dari pada Allah Subhanahu Wata’ala.
kegunaan Berdo’a dan berzikir sangatlah banyak diantaranya bisa untuk mengelakkan dari pada terjadinya gangguan-gangguan makhluk-makhluk seperti jin dan syaitan, sama ada ketika senang atau pun susah, ketika berdiri, duduk, berjalan, bekerja dan begitu juga waktu bangun dan tidur.

Namun, sadarkah kita bahwa pekerjaan yang selalu kita laksanakan yaitu tidur sering sekali kita tinggalkan sebagaiumat muslim, padahal kita diperintahkan untuk menjadikan tidur sebagai ladang ibadah. Karena umatt islam itu diciptakan untuk selalu beribadah kepada allah SWT.

Bagaimana menjadikan tidur kita bernilai ibadah dan mendapat ridha allah? Caranya dengan mengikuti tuntunan* tata cara* yang telah di atur menurut hukum Islam,dan selalu melaksanakan apa yang diperintahkan di dalam masalah adab-adab tidur, di antaranya membaca doa dan dzikir menjelang tidur dan ketika bangun.

Berikut ini kami tuliskan doa dan dzikir menjelang tidur dan ketika bangun.

1. Doa ketika ketika mau tidur

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا

Artinya: “Dengan nama-Mu, Ya Allah, aku mati dan hidup.” (HR. Bukhari)
Atau

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut Nama-Mu aku mati.” (HR. Muslim)

2. Doa ketika bangun tidur

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan.”

Doa-doa di atas didasarkan pada hadits Hudzaifah Ibnu al Yaman radliyallah ‘anhu. Beliau berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ قَالَ بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا وَإِذَا اسْتَيْقَظَ مِنْ مَنَامِهِ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

“Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam jika akan tidur membaca: Bismikallaahumma Amuutu wa Ahyaa (dengan nama-Mu, Ya Allah, aku mati dan hidup), dan apabila bangun tidur membaca: Alhamdulillaahil Ladzii Ahyaanaa Ba’da Maa Amaatanaa Wailaihin Nusyuur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan).” (HR. Bukhari)

Dikeluarkan oleh Muslim dalam Shahih-nya dengan redaksi sedikit berbeda, dari al Bara’, berkata:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ قَالَ اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ وَإِذَا اسْتَيْقَظَ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, apabila mulai berbaring di tempat tidurnya membaca: Allaahumma Bismika Ahyaa waamuutu (Ya Allah, dengan Nama-Mu, aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati). Dan apabila bangun, beliau membaca: Alhamdulillaahil Ladzii Ahyaanaa Ba’da Maa Amaatanaa Wailaihin Nusyuur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan).” (HR. Muslim)
semoga kita dapat mengamalkan dan dan Allah meredhai setiap pekerjaan kita.amiin.

Wallahu a’lam

Tinggalkan komentar

Filed under arsip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s