MEMILIH CALON PENDAMPING


Kepada Allah kita bersyukur karna telah memberi kita kenikmatan yang tiada tara, yaitu di berikannya kita nafsu, jikalau nafsu ini bisa kita mengendalikanya, maka kebahagian didunia dan di akhirat akan kita dapati. Setiap manusia pasti mempunyai hawa nafsu, salah satunya ialah Nafsu kepengen memiliki pasangan dalam kehidupan ini.hasratkepengen memiliki adalah nafsu yang wajar di miliki seluruh manusia, sudah sepantasnya sebagai manusia normal untuk selalu kepengin melaksanakan pernikahan dan memperoleh keturunan. Allah SWT telah berjanji di dalam kalamnya bahwa dia menciptakan manusia ini dengan berpasang-pasangan sebagai mana…..

Firman Allah SWT (Surah An Najm Ayat 45-46)

وَأَنَّهُ خَلَقَ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالأنْثَى

مِنْ نُطْفَةٍ إِذَا تُمْنَى
45. Dan sesungguhnya, Dialah Yang menciptakan pasangan (lelaki & perempuan) 46. Dari air mani ketika dipancarkan (kedalam rahim)

dalam ayat ini dapat kita difahami bahwa setiap manusia ada jodohnya masing masing. jadi janganlah risau wahai saudaraku jika kita itu tidak akan mendapat jodah di dunia, maka allah akan menggantinya kelak di akhirat.
Didalam mencari pendamping rasullullah telah bersabda :

“Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW, baginda bersabda, “Perempuan itu dinilai kerana empat perkara Yaitu kerana hartanya, keturunannya, kecantikannya dan agamanya, lalu pilihlah perempuan yang beragama nescaya kamu bahagia (Muttafaqun ‘Alaihi).

Dari hadis diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa mencari calon pendamping itu harus di perhatikan dahulu siapakah yang akan kita jadikan seorang pendamping di dalam rumah tangga,dan kita lihat bagaimana pendamping/pasangan kita itu menjalankan kehidupannya sehari-hari, di dalam menjalankan aktivitasnya. kita harus memperhatikan pergaulannya, tutur katanya, pendidikannya kehormatannya, dan keturunannya.
maka dari itu coba kita perpikir sejenak apakah kreteria yang menjadi pendamping/pasangan kita sesuai dengan yang di anjurkan oleh agama????
mari kita selidiki bersama sebelum kita melangkah lebih jauh……

1. HARTA
Jika seorang itu mencari pendaping karna hanya melihat dari segi hartanya niscaya allah akan menghilangkan hartanya karana harta itu bisa lenyap kapan saja Allah kehendaki tampa kita ketahui.dan rasullulah bersabda yang artinya:
**barang siapa yang menikahi perempuan karna hartanya niscaya allah akan melenyakan harta dan kecantikannya dan barang siapa yang menikahi karna agamanya niscaya allah akan memberi karunia dengan harta dan kecantikannya.(alhadis)
maka dari itu pandanglah seorang pendamping itu jikalau banyak hartanya, maka yang mau berkorban demi agama allah SWT untuk menegakkan kalimah haq لا إلـه إلا الله وأن محمد رسول الله .

2. KETURUNAN/NSAB
Jika seseorang itu mencari pendaping karna keturunanya maka ia akan bertambah hina dan di hinakan Allah, karana kebangsawan dari seorang pendamping tidak akan berpindah kepada orang lain.
sebagaimana sabda rasullullah :

**barang siapa menikahi seorang karna kebangsawanannya , niscaya allah tidak akan menambah kecuali kehinaan.(alhadis)

oleh karna itu maka carilah keturunan yang bisa membuat kamu hidup dalam keharmonisan dalam lingkaran agama, dan yang dapat menyenangi kamu sesuai tuntunan agama, dan yang dapat memberi keturunan yang baik-baik.

3. KECANTIKAN
Jika seorang itu mencari pendamping karna kecantikannya maka hal ini agak sedikit lebih baik dari pada yang yang mencintai harta dan kebangsawanannya, karna cinta kepada harta dan kebangsawanan akan cepat lenyap, sedangkan kecantikan akan sedikit bertahan sampai tua, jika dia tiada sombong dan angkuh,tapi rasul juga bersabda tentang bahayanya mencintai karna kecantikan :

**janganlah kamu menikahi perempuan itu karna kecantikannya, mungkin kecantikannya itu akan membawa kerusakan bagi mereka sendiri, dan janganlah kamu menikahi mereka karna mengharap harta mereka, mungkin karna hartanya itu akan menyebabkan mereka sombong,tapi nikahilah mereka karna dasar agama, karna bahwasanya hamba sahaya yang hitam lebih baik , asal ia beragama(HR=baihaqi)
sudah lumrah sebagai manusia yang mempunyai nafsu kecantikan selalu terbawa dalam setiap mencari pendamping, maka cari lah pendampingmu yang mau mensyukuri akan nikmat yang telah Allah berikan kepadamu, karna jikalau dia tiada mensyukuri rusaklah agamanya dan musnahlah segalanya, dengan kecantikan maka akan membuahkan anak yang banyak yang menghasilkan generasi penerus agama islam, dan menjadi kader2 pendakwah yang handal menyebar luaskan agama islam kepenjuru alam..

4. AGAMA
jika seorang itu mencari pendaping karna agama dan budi perkerti inilah yang paling sempurna dan baik,dan inilah yang patut untuk di jadikan panutan atau pedoman hidup dalam mengarungi pernikahan,dan dalam pergaulan.serta dapat menjadi dasar kerukunan dan kebahagian di dalam berumah tangga.
dalam alqur’an dan alhadist kita banyak menjumpai anjuran untuk memilih agama yang paling utama, jadi sudah sepatutnyalah kita untuk menerapkan dan melaksanakan perintah agama yang telah h di gariskan dalam syariat islam.karna tiada yang lebih baik hukum (undang-undang) selain dari pada syari’at islam.
carilah pendampingmu yang hartanya banyak tapi rela mengorbankan kepada AGAMA ISLAM, carilah pendampingmu yang keturunannya yang selalu menuntut ilmu AGAMA ISLAM, supaya bisa menghasilkan keturnan yang pinter dalam suasana islami, dan carilah pendampingmu yang cantik supaya bisa menghasilkan banyak keturunan yang didik untuk menegakkan AGAMA ISLAM, karna hanya AGAMA ISLAM yang bisa membawa kehidupan yang bahagia dunia dan akhirat.
Semoga apa yang telah saya tulis ini bermanfa’at untuk pribadi saya dan pembaca sekalian,Allah yang maha kuasa yang memberi taufiq dan hidayahnya kepada kita semua dan kita selalu meminta kepada Allah untuk memberi kefahaman akan agamanya.

Dengan kerendahan hati dan sikap untuk selalu menedepankan ke imanan kita akan kewajiban untuk patuh akan hukum-hukum allah yang disampaikan oleh baginda rasullulah untuk diterapkan dan di laksanakan dalam kehidupan kita sehari-hari supaya kita senang hidup didunia dan bahagia hidup di akhirat.amiin.

wallahu’alam

3 Komentar

Filed under arsip

3 responses to “MEMILIH CALON PENDAMPING

  1. item 84

    AMIN…..
    semua yg tertera sudah jelas……
    tp tidak sedikit dari kt & mereka yg tidak paham & mengerti dngn arti pendamping hidup…
    kt umat manusia hnya bs merencanakan,,& tidak sedikit pula mndapat kebalikannya….!!! & mingkin saja itu yg terbaik….
    karna.. ALLAH SWT., lebih tau siapa jodoh & pndamping yg terbaik tuk kita… :)))))))))))))))
    makacih,, dah mengingatkan…!!!
    thaks MY FRAND…😛

    Suka

  2. Numpang lewat ustad, sekedar bertandang, salam kenal🙂

    Suka

  3. Assalamu’alaikum wr.wb

    numpang coret ya ustadz..,
    minta di kritik kan… ^_^
    ana kritik yo ustadz.. hehe
    carilah (pendampingmu yang keturunannya) yang selalu menuntut ilmu AGAMA ISLAM, supaya bisa menghasilkan keturnan yang pinter dalam suasana islami, dan carilah (pendampingmu yang cantik supaya bisa menghasilkan banyak keturunan yang didik) untuk menegakkan AGAMA ISLAM,

    1- hm… (pendampingmu yang keturunannya).. ? mksdnya… yang janda ya ustadz.. hehe.. (cory yo..)
    2- apa hubungannya pendamping yg cantik dgn keturunan yg terdidik .. ???

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s