Mengucapkan Salam dan Berjabat Tangan


Setiap kali kita bertemu dengan teman, sahabat, rekan kerja atau famili, biasanya kita akan berjabatan tangan. Apalagi kalau sudah lama tidak bersua, jabat tangan itu pasti erat sekali dan lama untuk dilepaskan,dan terkadang terus berpelukan sangking rindunya.

Sebelum kita berjabat tangan ketika bertemu teman, sahabat, rekan kerja atau famili,sebaiknya kita mengucapkan salam ”Assalamu’alaikum ” sekurang kurangnya, dan yang afdhalnya ”Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh ”Pastinya lagi tidak ketinggalan senyuman yang kita tujukan kepadanya.

Mengucapkan salam dan berjabat tangan kepada sesama Muslim adalah perkara yang terpuji dan disukai dalam agama Islam
Dan hukum bagi yang mengucapkan salam adalah sunnah dan yang menjawab salam adalah wajib. Dengan selalu memberi salam dan berjabat tangan maka hati dapat saling bersatu dan berkasih sayang di antara mereka.

:
إذا لقي أحدكم أخاه فليسلم عليه، فإِن حالت بينهما شجرة أو جدار أو حجر ثم لقيه فليسلم عليه أيضاً.عن أبي هريرة قال

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam beliau bersabda : “Apabila salah seorang dari kalian bertemu dengan saudaranya maka ucapkanlah salam padanya. (Kemudian) jika pohon, tembok, atau batu menghalangi keduanya dan kemudian bertemu lagi maka salamlah juga padanya.” (HR. Abu Dawud )

maka seyokyanyalah kita sebagai hamba allah dan pengikut rasullullah senantiasa mengikuti apa yang menjadi ajaran dalam agama islam.karna begitu mudahnya kita mencari pahala untuk menuju syurga yang abadi,setiap sa’at kita selalu berjumpa dengan teman2 kita di kantor, mesjid, sekolah, dijalan, dan di mana saja,

”Dua orang Islam yang bertemu lalu berjabatan tangan maka dosa kedua orang itu diampuni sebelum keduanya berpisah.” (HR. Abu Daud)

dalam lafaz salam itu mengandung do’a kebaikan di dalamnya,,oleh karna itu selalulah kita mengucapkan salam,mudah-mudahan allah mengabulkan do’a orang yang mengucap salam dan yang menjawab salam.
semoga kiranya kita menjadi manusia yang di beri hidayah oleh allah untuk melaksanakan segala ajaran yang si bawa oleh muhammad rasullullah. amin.

wallahu’alam.

Tinggalkan komentar

Filed under arsip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s